Categories
Parenting

Saatnya Mengandalkan Ayah

Semua akan mengakui kalau peran kasih sayang bunda dalam tumbuh kembang bayi memang tak bisa disangkal. Namun hampir semua ayah di dunia ini juga menginginkan dirinya menjadi sosok panutan untuk buah hatinya. Kabar baiknya, ayah berkesempatan untuk itu. Sebab keterlibatan ayah akan memberi pengaruh besar pada tumbuh kembang bayi. Secara psikis, misalnya, bayi merasa lebih tenteram karena ia mendapat sosok yang begitu perhatian selain bundanya. Memang di usia 1—3 bulan, bayi belum bisa membedakan mana ayah dan mana bundanya.

Namun di usia selanjutnya, ketika penglihatannya mulai berfungsi sempurna, dia akan mampu membedakan rupa orang-orang di sekitarnya. Dari situlah dia akan merasa bahwa ada dua orang berbeda, bunda dan ayah, yang selama ini begitu dekat dengannya. Keikutsertaan ayah dalam merawat bayi juga otomatis menjalin kelekatan dengan si kecil. Hubungan manis sejak dini ini telah terbukti dapat mengurangi risiko berbagai masalah perilaku (seperti agresivitas dan kecanduan) pada anak laki-laki kelak.

Sang anak juga dapat menghadapi stres dengan lebih baik berkat kedekatan itu. Pada anak perempuan, mereka diyakini punya rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak perempuan yang tidak dekat dengan ayahnya. Berbagai studi pun menemukan bahwa pengasuhan aktif dari ayah pada bayi diasosiasikan dengan kemampuan verbal yang lebih baik serta prestasi akademis yang lebih tinggi ketika si kecil tumbuh dewasa. Sebaliknya, penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Review menyatakan bahwa anak yang merasa mendapatkan penolakan dari ayahnya sejak kecil cenderung tumbuh menjadi anak yang tidak percaya diri, kasar, dan agresif.

SIKAP JANTAN AYAH BERI RASA AMAN

Itu baru sebagian, masih banyak riset lainnya. Sikap maskulin ayah ketika merawat bayi juga dipercaya memberikan rasa aman, perlindungan, ketenteraman. Menurut para pakar perkembangan, kondisi seperti ini berguna untuk mengembangkan psikis bayi, me ngasah kemampuannya ber adaptasi, dan kemampuannya bersosiali sasi dengan berbagai karakter manusia. Mengenai perbedaan karak ter bunda dan ayah yang berbeda; bunda lembut dan ayah cenderung kasar justru akan memperkaya pembentukan kepribadian bayi di kemudian hari. Kalau diperhatikan, gaya bunda bermain dengan si kecil pasti sedikit berbeda dengan gaya ayah.

Saat bermain, bunda cenderung me ngajak si kecil bermain yang lebih “tenang’’, misalnya bermain balok atau boneka. Namun, para ayah biasanya punya gaya bermain yang lebih aktif, bermain lempar bola hingga bermain jungkir balik, umpamanya. Kita mungkin khawatir kalau si kecil akan terluka. Tapi beginilah gaya main aktif ala ayah. Tak perlu khawatir. Malahan, de ngan begitusi kecil akan mendapat berbagai manfaat, termasuk manfaat bagi kecerdasan majemuknya (multiple intelligence). Penelitian juga menunjukkan, bayi yang sering bermain aktif dengan ayahnya akan memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih baik. Secara bertahap, si kecil bisa membedakan mana perilaku kasar yang mengganggu dan mana permainan kasar biasa. Kelak, ia jadi tidak mudah tersinggung ketika seorang teman mendorongnya dengan main-main.

Namun, ia pun tahu seperti apa dorongan kasar yang mungkin dilakukan teman dalam konteks bukan bercanda. Bermain secara aktif pun tak berbeda jauh dengan berolahraga. Keduanya samasama melatih kekuatan fisik, fleksibiltas, serta kemampuan koordinasi bayi. Hal ini juga dapat membiasakan gaya hidup aktif sejak dini sehingga anak jadi suka berolahraga. Nah, semakin tampak peran ayah dalam mengembangkan multiple intelligence anak, bukan? Kedekatan ayah dan buah hati akan mengasah kecerdasan interpersonal, kecerdasan verbal linguistik, dan kecerdasan kinestetik. Jadi, biarkan saja si kecil bermain sedikit lebih aktif dengan ayahnya. Ini tak hanya berlaku untuk anak laki-laki, namun juga anak perempuan.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing berikan ia pelatihan di les berbahasa Perancis di Jakarta yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *